RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri
16 Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XII IPA / II
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit ( 5 X Pertemuan )
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme
evolusi biologi.
Tujuan : Siswa
memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi (Nilai yang
dita-namkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
“ Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1 Menjelaskan
berbagai teori evolusi.
4.1.2
Menjelaskan
pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin.
4.1.3
Menemukan
persamaan dan perbedaan pandangan para ahli tentang evolusi.
4.1.4 Menilai
kebenaran teori evolusi.
4.1.5
Menemukan
faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya evolusi.
4.1.6 Mendeskripsikan
keterkaitan antara mutasi dan evolusi.
4.1.7 Memberikan
argumentasi keterkaitan mutasi.
4.1.8
Menjelaskan
prinsip-prinsip dasar Hukum Hardy Weinberg.
4.1.9
Menerapkan Hukum Hardy-Weinberg
secara teoritis melalui contoh perhitungan matematis
4.1.10
Menjelaskan proses spesiasi.
II. Materi
Pembelajaran :
1.
Teori, prinsip dan mekanisme evolusi
Teori-teori
evolusi (Teori penciptaan spesies, teori katastrofisme, tuniformitarianisme,
teori
evolusi Lamarck, teori evolusi
Darwin).
2.
Faktor, petunjuk pendukung evolusi
Adanya evolusi diperlihatkan melalui bukti adanya fosil, perbandingan
anatomi
(homologi),perbandingan
embriologi, bukti biogeografi, perbandingan biokimia dan bukti alat
tubuh yang tersisa.
3.
Mutasi dan evolusi
Mutasi
mengakibatkan terjadinya evolusi.
4.
Mekanisme evolusi
Hukum
Hardy-Weinberg dan pembentukan spesies baru (spesiasi).
III.
Metode Pembelajaran :
· Tanya jawab, inquiri, studi literatur,
diskusi informasi ceramah/ekspositori dan penugasan.
IV. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran) : Indikator 4.1.1 s.d. 4.1.4
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan (15 menit)
o
Introduksi :
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi (absensi siswa).
- Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar,
indikator dan materi yang akan
dipelajari dan hendak
dicapai.
o
Motivasi dan apersepsi :
Guru
bertanya kepada siswa ”Sebutkan makhluk hidup yang mengalami perubahan bentuk
dalam siklus hidupnya ?
Siswa menjawab “Ada
beberapa makhluk hidup yang mengalami perubahan bentuk da-
lam siklus hidupnya misalnya serangga dan
katak yang mengalami peristiwa metamorfo-
sis”.
21
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Eksplorasi
- Guru menjelaskan secara
singkat tentang evolusi.
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari 4-5
orang.
- Guru memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran
melalui pengkajian referensi
tentang teori evolusi dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. - Siswa menggali informasi dengan membaca buku teks
tentang berbagai teori evolusi misalnya
(misalnya
teori penciptaan spesies, teori, teori uniformitarianisme, teori
evolusi Lamarck, te-
ori evolusi Darwin dll).dan pokok-pokok
pikiran teori evolusi Darwin.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
2. Elaborasi
-
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi secara kelompok tentang persamaan dan perbeda-
an teori evolusi serta nilai kebenaran teori evolusi dipandu dengan cara kerja yang ada di
lembar kerja siswa/lks.
-
Setelah
selesai berdiskusi masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan untuk mem-
presentasikan
hasil diskusi.
- Peserta didik dari kelompok lain menanggapi
kelompok diskusi yang maju untuk menyam-
paikan laporan materi diskusi.
- Siswa
mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan baik dan santun.
- Guru memfasilitasi, mengarahkan
dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis
dan mandiri dalam kegiatan diskusi
tersebut.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
3. Konfirmasi
- Siswa mampu menjelaskan teori evolusi.
- Guru memberikan penilaian dan penghargaan
atas perolehan kemajuan atau prestasi setiap
kelompok diskusi.
- Guru memulai menanamkan konsep yang
sesuai kompetensi yang akan dicapai.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Guru dan siswa merangkum hasil
belajar.
·
Guru mengadakan evaluasi penilaian hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan studi pustaka
tentang petunjuk evolusi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru menutup
pelajaran dengan salam.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Pertemuan Kedua (3 jam pelajaran) : Indikator 4.1.5
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
o
Introduksi :
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan mengecek kehadiran siswa
- Guru menyampaikan standar
kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan materi yang akan di-
pelajari dan hendak dicapai.
o
Motivasi dan apersepsi :
- Guru
bertanya kepada siswa
“apakah Anda pernah mendengar istilah
tentang
fosil ?”
- Siswa menjawab “ya”
- Guru
bertanya lagi “apakah yang Anda
ketahui tentang fosil?”
-
Siswa menjawab “ fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang sudah membatu”.
b. Kegiatan Inti (105 menit)
1. Eksplorasi
- Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang
anggotanya terdiri dari 4-5 orang.
- Guru memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran
melalui pengkajian referensi
tentang charta/gambar bukti-bukti adanya evolusi.
- Siswa menggali
informasi dengan membaca buku teks tentang charta/gambar bukti-bukti
evolusi misalnya
fosil kuda.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
22
2. Elaborasi
- Guru membimbing
siswa untuk berdiskusi
secara kelompok tentang petunjuk evolusi berupa
fosil, homologi, embriologi
perbandingan dll. dipandu dengan cara kerja yang ada lks.
-
Setelah
selesai berdiskusi masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan untuk mem-
presentasikan
hasil diskusi.
- Peserta didik dari kelompok lain menanggapi
kelompok diskusi yang maju untuk menyam-
paikan laporan materi diskusi.
- Siswa
mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan baik dan santun.
- Guru memfasilitasi, mengarahkan
dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis
dan mandiri dalam kegiatan diskusi
tersebut.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
3. Konfirmasi
- Siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi tentang petunjuk adanya
evolusi.
- Guru memberikan penilaian dan penghargaan
atas perolehan kemajuan atau prestasi setiap
kelompok diskusi.
- Guru memulai menanamkan konsep yang
sesuai kompetensi yang akan dicapai.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Guru dan siswa merangkum hasil
belajar.
·
Guru mengadakan evaluasi penilaian hasil belajar.
· Guru memberikan tugas kepada
siswa untuk melakukan kunjungan ke museum terdekat
untuk
menemukan adanya petunjuk evolusi.
·
Guru menutup
pelajaran dengan salam.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Pertemuan Ketiga (2 jam pelajaran) : Indikator 4.1.5
a. Kegiatan Awal / Pendahuluan (15 menit)
o
Introduksi :
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi (absensi siswa).
- Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar,
indikator dan materi yang akan
dipelajari dan hendak
dicapai.
o
Motivasi dan apersepsi :
Guru
bertanya kepada siswa
“apakah makhluk hidup dapat membentuk fosil ?”
Siswa menjawab “ya”
Guru bertanya lagi “apakah fosil merupakan peristiwa mutasi?”
Siswa menjawab “ fosil adalah sisa-sisa
makhluk hidup yang sudah membatu dan bukan peris-
tiwa mutasi tetapi merupakan salah satu bukti
petunjuk adanya evolusi.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Eksplorasi
- Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang
anggotanya terdiri dari 4-5 orang.
- Guru memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran
melalui pengkajian referensi
tentang kaitan mutasi dan evolusi.
- Siswa menggali
informasi dengan membaca buku teks tentang kaitan mutasi dan evolusi ber-
dasarkan petunjuk-petunjuk/bukti-bukti adanya evolusi.
Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
2. Elaborasi
- Guru membimbing siswa untuk berdiskusi secara kelompok dari
hasil kajian referensi
dipandu dengan cara kerja yang ada lks.
-
Setelah
selesai berdiskusi masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan untuk mem-
presentasikan
hasil diskusi.
- Peserta didik dari kelompok lain menanggapi
kelompok diskusi yang maju untuk menyam-
paikan laporan materi diskusi.
- Siswa
mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan baik dan santun.
- Guru memfasilitasi, mengarahkan
dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis
dan mandiri dalam kegiatan diskusi
tersebut.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan)
23
3. Konfirmasi
- Siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi tentang hubungan mutasi dan evolusi.
- Guru memberikan penilaian dan penghargaan
atas perolehan kemajuan atau prestasi setiap
kelompok diskusi.
- Guru memulai menanamkan konsep yang
sesuai kompetensi yang akan dicapai.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Guru dan siswa merangkum hasil
belajar.
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
·
Guru mengadakan evaluasi penilaian hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat
kliping tentang peristiwa mutasi.
·
Guru menutup
pelajaran dengan salam.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Pertemuan Keempat (
3 Jam Pelajaran ) : Indikator
4.1.8 dan 4.1.9
a. Kegiatan Awal (15 menit)
o
Introduksi :
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi (absensi siswa).
- Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar,
indikator dan materi yang akan
dipelajari dan hendak
dicapai.
o Motivasi dan apersepsi :
Guru bertanya kepada siswa “apakah tubuh orang yang meninggal di
balsem/diawetkan selama
bertahun-tahun dapat dikatakan telah
mengalami evolusi ?”
Siswa menjawab“tidak”. Kemudian guru mengingatkan kembali tentang hubungan anta-
ra mutasi dan
evolusi, siswa menjelaskan dengan ringkas hubungan mutasi dan evolusi tersebut
b. Kegiatan Inti (105 menit)
1. Eksplorasi
- Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang
anggotanya terdiri dari 4-5 orang.
- Guru memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran
melalui pengkajian referensi
tentang mekanisme evolusi
dan Hukum Hardy-Weinberg.
- Siswa menggali
informasi dengan membaca buku teks tentang kajian tersebut.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
2. Elaborasi
- Guru membimbing
siswa untuk berdiskusi
secara kelompok tentang mekanisme evolusi dan
Hukum Hardy-Weinberg dipandu dengan cara kerja yang ada lks.
-
Setelah
selesai berdiskusi masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan untuk mem-
presentasikan
hasil diskusi.
- Peserta didik dari kelompok lain menanggapi
kelompok diskusi yang maju untuk menyam-
paikan laporan materi diskusi.
- Siswa
mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan baik dan santun.
- Guru memfasilitasi, mengarahkan
dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis
dan mandiri dalam kegiatan diskusi
tersebut.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
3. Konfirmasi
- Siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi
mengenai mekanisme
evolusi dan Hukum Hardy-
Weinberg.
- Guru memberikan penilaian dan penghargaan
atas perolehan kemajuan atau prestasi setiap
kelompok diskusi.
- Guru memulai menanamkan konsep yang
sesuai kompetensi yang akan dicapai.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru menugaskan siswa untuk membuat kliping tentang penerapan Hukum Hardy-Weinberg se-
cara teoritis melalui contoh
perhitungan matematis.
5. Pertemuan
Kelima
( 2 Jam Pelajaran ) : Indikator 4.1.10
a. Kegiatan Awal (15 menit)
o
Introduksi :
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi (absensi siswa).
- Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar,
indikator dan materi yang akan
dipelajari dan hendak
dicapai.
24
o Motivasi dan apersepsi :
Guru bertanya kepada siswa ”apakah hewan yang mengalami mutasi dapat
melestarikan ketu-
runannya dengan sempurna ?”
Siswa menjawab “tidak, karena
sudah terjadi kerusakan gen dalam kromosom selnya.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Eksplorasi
- Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang
anggotanya terdiri dari 5 orang.
- Guru memotivasi siswa untuk memahami proses pembelajaran
melalui pengkajian referensi
tentang perubahan yang dapat
terjadi s.d. terbentuknya
spesies baru pada suatu makhluk hi-
dup (proses spesiasi).
- Siswa menggali informasi dengan membaca buku
teks tentang kajian tersebut.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan)
2. Elaborasi
- Guru membimbing
siswa untuk berdiskusi
secara kelompok dari hasil kajian referensi
dipandu dengan cara kerja yang ada lks.
-
Setelah
selesai berdiskusi masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan untuk mem-
presentasikan
hasil diskusi.
- Peserta didik dari kelompok lain menanggapi
kelompok diskusi yang maju untuk menyam-
paikan laporan materi diskusi.
- Siswa
mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan baik dan santun.
- Guru memfasilitasi, mengarahkan
dan memberikan motivasi belajar kreatif, kritis, analisis
dan mandiri dalam kegiatan diskusi
tersebut.
(Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
3. Konfirmasi
- Siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi
tentang spesiasi.
- Guru memberikan penilaian dan penghargaan
atas perolehan kemajuan atau prestasi setiap
kelompok diskusi.
- Guru memulai menanamkan konsep yang
sesuai kompetensi yang akan dicapai.
(Nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan)
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru menugaskan siswa untuk membuat kliping tentang peristiwa spesiasi.
E. Sumber, alat dan bahan belajar
:
Sumber : Buku biologi kelas XII BSE dan buku
acuan lain yang
relevan.
Alat dan
bahan : LKS, charta/gambar teori evolusi, petunjuk/bukti adanya
evolusi, peristiwa meka-
nisme mutasi dan evolusi, peristiwa spesiasi dan bahan diskusi.
F. Penilaian :
a. Teknik penilaian : Tes tertulis, penugasan, observasi.
b. Bentuk instrumen : Pilihan ganda, PR, kliping dan lembar observasi
c. Contoh instrumen :
Pilihlah salah satu jawaban
yang benar !
Darwin mendasarkan teorinya bahwa
evolusi terjadi melalui ....
- Mutasi D. variasi gen
- Adaptasi E. pengaruh lingkungan
- seleksi alam
Setiap populasi
berkecenderungan bertambah banyak, tetapi pertambahan tidak berjalan terus
menerus. Hipotesa ini dikemukakan oleh ....
- CR. Darwin D. Weisman
- Lamarck E. Buffon
- Sutton
Teori Darwin dan Lamarck
tentang evolusi mempunyai persamaan yaitu ....
- adaptasi terhadap lingkungan
- seleksi alam
- perubahan lingkungan
- variasi dalam keturunan
- penurunan sifat yang diperoleh
Faktor utama yang menyebabkan
penurunan populasi Biston betularia
bersayap cerah se-telah revolusi industri adalah ....
- seleksi alam
- adaptasi terhadap lingkungan
- persaingan dalam hal pangan
- perubahan warna cerah menjadi gelap
- warna gelap lebih adaptif dengan lingkungan
Diketahui 16 % orang tidak
dapat merasa-kan pahitnya kertas PTC (tt) maka perbandingan genotip TT : Tt : tt
adalah ....
- 9 : 12 : 4
- 6 : 12 : 6
- 12 : 9 : 4
- 4 : 12 : 9
- 9 : 4 : 12
25
Kunci Jawaban :
A :
1. B 2. 3. A 4. E 5. A
Skor
Penilaian : Masing-masing
soal memiliki skor nilai = 1
|
Mengetahui Palembang, Januari 2013
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Asmuniah Sapritah. S.Si
NIP. 19600828197912 2 003 NIP. 19730428
200604 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar